Ahli Astronomi Menemukan Galaksi Berbentuk Persegi

LEDA-074886Ahli astronomi internasional menemukan sebuah galaksi persegi (atau di KOMPAS.com disebut galaksi tablet) langka yang disebut LEDA 074886. Galaksi ini ditemukan oleh ahli astronomi dari Australia, Jerman, Swiss, dan Finlandia. Galaksi berbentuk persegi panjang ini masuk dalam kelompok 250 galaksi yang berjarak sekitar 70 juta tahun cahaya.

“Di alam semesta sekitar kita, galaksi yang paling banyak ditemukan terdiri dari tiga bentuk: bulat, cakram, atau tidak beraturan“, kata Alister Graham dari Swinburne University of Technology.

Ia mengatakan, galaksi berbentuk persegi panjang yang langka adalah objek yang sangat tidak biasa, dan membandingkannya dengan Menara Pisa karena menentang hukum alam. “Awalnya saya kira ini kesalahan. Tapi akhirnya saya tak bisa berhenti tersenyum.” katanya.

Galaksi berbentuk unik tersebut terdeteksi pada gambar yang diambil dengan teleskop Subaru Jepang. Hasil temuan Graham dan kawan-kawannya akan segera dipublikasikan di The Astrophysical Journal.

Menurut Graham, galaksi persegi ini adalah gabungan dari dua galaksi spiral. Saat bergabung, poros dua galaksi membentuk sudut dari galaksi ini. Galaksi ini terletak di tepi galaksi lain yang lebih masif bernama NGC 1407. Galaksi persegi ini 50 kali lebih redup dari Bimasakti. Wajar jika keberadaannya lama tak terdeteksi. LEDA 074886 adalah sebuah galaksi hibrida karena memiliki ciri dua galaksi yang bergabung.

LEDA 074886 unik karena selain memiliki bentuk persegi, aktivitas bintang juga terdeteksi di piringannya. Keunikan ini akan membantu para astronom mengembangkan model merger galaksi yang lebih kompleks. Ben More, pakar fisika teoretis dari University of Zurich yang juga terlibat penelitian, akan mengembangkan model pembentukan LEDA 074886 dengan superkomputer tahun ini. Menurut Graham, bentuk persegi yang dimiliki galaksi ini akan hilang dalam beberapa miliar tahun.


Sumber: KompasNationalgeographicAsianscientistWikipedia


Teks dari artikel di atas memakai Lisensi CC BY-SA. Sertakan tautan postingan ini jika Anda mengutip, menyalin, mendistribusikan, dan/atau menampilkan sebagian/keseluruhan dari teks di atas.

Bagikan ke:

Tulisan Terkait