Inikah Warna Planet Mars Zaman Dahulu?

Planet Mars, planet yang dikenal oleh penduduk Bumi dengan sebutan planet merah ternyata berwarna biru pada masa lalu. Setidaknya itulah gambaran dari seorang ahli perangkat lunak Kevin Gill yang menciptakan gambar yang sangat berbeda dari Mars saat ini. Dengan menggunakan data-data ketinggian tanah di Mars yang didapatkan dari Mars Reconaissance Orbiter (MRO) milik NASA, ia mengolahnya hingga terlihat sangat mirip dengan Bumi saat ini, yaitu berwarna biru.

Sumber: Discovery News Kredit: Kevin Gill
(untuk versi yang lebih besar silakan klik di sini)

Separuh permukaan Mars yang terlihat di gambar buatan Gill dipenuhi oleh lautan yang sangat luas. Lembah terpanjang Mars, Valles Marineris, juga dipenuhi oleh air. Sementara itu, untuk puncak gunung-gunung berapi di Mars seperti; Olympus Mons, Pavonis Mons, Ascraeus Mons, dan Arsia Mons yang mendominasi wilayah Tharsis (wilayah vulkanik di khatulistiwa Mars) terlihat menyembul di atas atmosfer.

Gill juga menggambarkan bahwa wilayah khatulistiwa yang didominasi oleh gunung-gunung berapi merupakan daerah berpadang pasir dengan tumbuhan yang sangat sedikit. Sementara itu di daerah yang memiliki garis lintang lebih rendah mendukung iklim yang basah dan memiliki banyak tumbuhan sehingga berwarna hijau.

Sumber: Discovery News Kredit: Kevin Gill
(untuk versi yang lebih besar silakan klik di sini)

Beberapa bukti akan adanya air di planet merah ini telah ditemukan oleh berbagai peralatan yang dikirimkan ke Mars seperti penjelajah Curiosity baru-baru ini. Bukti-bukti tersebut di antaranya adalah terdapatnya bekas-bekas sungai, delta di sungai, garis pantai yang membentuk lautan di wilayah utara. Meskipun masih sedikit bukti tentang kehidupan masa lampu di Planet Mars, namun hasil karya dari Kevin Gill ini sangat indah dan mungkin juga berguna bagi orang awam untuk memahami karakteristik permukaan Mars.


Referensi: Discovery Channel


Teks dari artikel di atas memakai Lisensi CC BY-SA. Sertakan tautan postingan ini jika Anda mengutip, menyalin, mendistribusikan, dan/atau menampilkan sebagian/keseluruhan dari teks di atas.

Bagikan ke:

Tulisan Terkait